2.SEJARAH BERDIRINYA USAHA

UD.WAHYU JAYA berdiri sejak th.1997 yang bergerak dibidang Agroindustri dengan memproduksi Gula merah pasir dengan bahan baku tebu. Pada tahun 1998 mengadakan MOU dengan Indofood Sukses Makmur untuk mensupply gula merah ke pabrik kecap Piring lombok. Selama memproduksi gula merah banyak sekali kendala kualitas, pengadaan bahan baku serta tenaga kerja, sehingga pada tahun 1999 UD. WAHYU JAYA bangkrut sampai pada kondisi minus. Disaat kondisi paling sulit, kami berpikir bisnis apa yang tidak terkendala bahan baku dan tenaga kerja. Maka kami memutuskan untuk memproduksi kue bolu yang mana bahan baku mudah didapat danproduksi bisa kami lakukan sendiri. Dengan modal pesangon dari kantor tempat bekerja dulu, kami memulai bisnis kecil kecilan dengan memproduksi kue bolu dan kita pasarkan di tetangga, sanak family dan temen2.

Pada tahun 2001, kami mencoba memasarkan ke luar kota Kediri yaitu Surabaya, ternyata sambutan pasar luar biasa. Kami optimis bahwa kue bolu kering ternyata disukai masyarakat. Setelah pasar di Surabaya aman, baru kami mencoba menawarkan ke agen2 di kota Kediri. Alhamdulillah sambutan pasar sangat bagus. Dari situlah kami berusaha untuk meningkatkan kapasitas produksi yang semula sehari hanya menghabiskan 3 kg terigu hingga sekarang bisa menghabiskan 200 kg trigu per hari.

Setelah produk Bolu Kering dengan rasa original diterima pasar dan punya pelanggan yang loyal, mulailah melakukan diversifikasi dengan membuat varian2 produk bolu dengan bentuk dan rasa yang berbeda, misal bolu mini rasa susu, bolu mini rasa buah dengan di beri alas kertas warna yang cantik, dsb. Alhamdulillah semua varian baru diterima pasar.

Pada tahun 2006 , setelah produk bolu eksis di pasar, mulailah berfikir membuat produk yang benar2 baru. Pilihan jatuh pada produk Kacang Sanghai. Kenapa Kacang sanghai sebagai pilihan, karena itu merupakan jajanan abadi yang tak lekang oleh waktu. Produk kacang sanghai pasarnya sangat kompetitif, agar bisa eksis di pasaran , produk kita harus beda dengan produk yang ada di pasaran, maka kita buat kacang sanghai yang butirannya kecil2 dengan rasa bawang dengan merk MERAK dan ELANG BIRU. Alhamdulillah kita menemukan pelanggan yang fanatik ditengah persaingan pasar yang sangat ketat. Kita juga mendapatkan pelanggan dari Malaysia yang datang langsung ke perusahaan , yang akhirnya rutin order setiap bulan sekali.

UD.WAHYU JAYA akan terus meningkatkan kualitas produk, meningkatkan produktivitas , menciptakan produk baru dan terus mengembangkan pasar baik pasar tradisional maupun pasar modern, segmen menengah bawah maupun atas, serta pasar retail maupun grosir.

Prestasi terakhir yang telah dicapai adalah dinobatkannya UD.WAHYU JAYA as the best of SME BOGASARI 2015 . pada tanggal 2 Oktober 2015 di GRAND CITY, Surabaya.

UD. WAHYU JAYA juga sudah mengembangkan usahanya dengan membuka pusat oleh-oleh di Jl. Kapten Tendean 285 A, Blabak, Kota Kediri, dengan nama Pusat oleh-oleh MAK PLENGEH.